Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Beberapa Poin Penting yang Didiskusikan dalam Makalah Strategi Pemasaran

Pada umunya jika kita mendapatkan tugas untuk membuat sebuah makalah seputar strategi pemasaran, tetunya kita akan menyertakan beberapa hal yang menyangkut tentang bidang pemasaran baik pemasaran suatu produk atau jasa. Seperti makalah pada umumnya, makalah strategi pemasaran juga terdiri dari beberapa bagian penting yang terbagi ke dalam 5 bab. Tiap bab akan terbagi lagi menjadi beberapa sub-bab sesuai dengan kebutuhan orang yang akan membuat makalah tersebut.  Berikut adalah beberapa bagian makalah berdasarkan pembagian bab yang sudah ditentukan. Bab I akan berisi pendahuluan dengan latar belakang dan tujuan pembuatan makalah. Kemudian Bab II umumnya berisi tentang teori –teori seputar definisi pemasaran, konsep pemasaran, dan jenis strategi pemasaran yang biasanya diterapkan oleh perusahaan. Bab III berisi tentang metode-metode yang diterapkan pada proses pemasaran, dan Bab IV lebih akan membahas seputar hasil. Pada bab IV, umumnya si penulis makalah juga akan menyertakan kesimpulan dan penutup.

Definisi strategi pemasaran berdasarkan makalah strategi pemasaran
Membahas lebih detail seputar strategi pemasaran yang sering didiskusikan dalam makalah-makalah yang berkaitan dengan strategi pemasaran, ada beberapa jenis strategi pemasaran yang dapat diaplikasikan oleh perusahaan. Namun sebelum kita membahas satu persatu strategi pemasaran tersebut, kita pahami terlebih dahulu seputar definisi pemasaran. Berdasarkan sebuahmakalah strategi pemasaran, pemasaran merupakan keputusan-keputusan yang harus diambil seputar biaya pemasaran, alokasi pemasaran, bauran pemasaran, dan kondisi persaingan dalam sebuah pasar yang notabene akan banyak persaingan dalam pasar persaingan sempurna.

Terdapat dua macam strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan agar bisnisnya dapat tumbuh dan berkembang pesat. Kedua jenis strategi pemasaran, berdasarkan isi suatu makalah strategi pemasaran, adalah strategi kebutuhan primer dan strategi kebutuhan sekunder. Berdasarkan makalah  tesebut, kedua jenis strategi pemasaran tersebut difokuskan pada jenis produk yang akan dipasarkan apakah produk tersebut adalah produk primer atau produk sekunder. Karena jenis produk yang akan dipasarkan sangat berbeda, tentunya strategi pemasaran yang akan dijalankan juga pastinya akan berbeda. Namun kedua jenis strategi pemasaran tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu menarik banyak target konsumen  sehingga perusahaan akan mendapatkan profit yang besar sekaligus reputasi baik di mata konsumen.

Faktor penyebab terjadinya perubahan strategi pemasaran berdasarkan isi makalah strategi pemasaran
Ada beberapa faktor yang melatar belakangi terjadinya perubahan strategi pemasaran. Berdasarkan makalah strategi pemasarantersebut, faktor-faktor tersebut meliputi: daur hidup produk, kondisi persaingan perusahaan di pasar persaingan sempurna, dan situasi ekonomi suatu negara di mana perusahaan tersebut berada. Faktor daur hidup suatu produk meliputi beberapa fase/ tahap seperti fase perkenalan, fase pertumbuhan, dan fase kemunduran. Sedangkan posisi atau kondisi perusahaan dalam pasar dikategorikan apakah sebagai pemimpin , pesaing, pengikut, atau hanya perusahaan kecil yang hanya berperan kecil pasar tersebut.  Dan situasi ekonomi suatu negara apakah sedang baik atau sebaliknya sebaiknya dibahas secara detail pada makalahanda jika anda ditugasi menulis makalah seputar pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar